Sabtu, 20 Oktober 2012

Belajar Gitar Part 1


Ingin menjadi gitaris hebat seperti Joe Satriani atau Paul Gilbert? tentunya tidak mudah semuanya butuh proses belajar yang lama dan tentunya juga kita harus mengetahui  teknik dasar yang sangatlah penting. Pembelajaran kali ini adalah pengenalan Tablature dalam gitar dan teknik-teknik dasar yang sangat membantu perkembangan bermain gitar. Sebelum mempelajari materi selanjutnya terlebih dahulu harus mengetahui nada-nada pada senar.


---------------E
---------------B
---------------G
---------------D
---------------A
---------------E

Senar e yang berada di paling bawah menunjukan di gitar adalah senar yang paling atas, A senar kedua dari atas, D senar ketiga dari atas dan seterusnya. Setelah kita mengetahui nada dari senar 1 sampai 6, kita masuk ke materi selanjutnya:

  1. Belajar teknick picking fingering ini gunanya untuk memperlancar dan membulatkan petikan kita, caranya yaitu petik pick dari arah atas ke bawah  trus ke atas lagi secara berkesinambungan lakukan secara perlahan jika sudah mulai lancara percepat gerakan tersebut (lakukan di senar E), lalu pindah ke senar A, pindah lagi ke D, ke G, ke B dan ke E. Lakukan hal tersebut minimal selama 15 menit setiap harinya semakin lama semakin bagus. 
  2. Hammer On (Ho) : Hammer On adalah teknik memetik nada dan langsung pindah ke nada lain tanpa memetiknya kembali di dalam satu senar, teknik ini sering dilakukan oleh Joe Satriani . Sebagai contoh        teknik Hamer On 2 nada ------2--Ho--3----E. Deskripsinya lakukan di senar E yang paling bawah petik di senar E kolom 2 jari yang berada di pret menggunakan telunjuk lalu pindah nada ke kolom 3 tanpa memetik kembali mengguakan jari tengah.
  3. Pull Off : Pull Off pada dasarnya hampir sama dengan Hammer On, hanya bedanya adalah pull off diakukan dari depan ke belakang, sebagai contoh teknik Pull Off -----3---Ho-----2------E. Artinya petik pada senar E paling bawah di kolom 3 dengan menggunakan jari tengah lalu lepaskan atau angkat  jari tengah tersebut dan harus menghasilkan nada, posisi telunjuk sudah menekan kolom 2. Jika latihan Hammer On dan Pull Off diatas sudah lancar, lakukan peggabungan kedua teknik tersebut. ----2--Ho---3---E  ,  -----3---Po----2---E (lakukan hanya dengan satu petikan saja)
  4. Tangga Nada : Tangga nada merupakan hal yang sangat utama dan paling penting dalam pembelajaran alat musik, olah vocal tidak hanya dalam belajar gitar saja. Tangga nada pada umumnya terdapat 7 nada yaitu do-re-mi-fa-so-la-si--do. Nada tersebut kebanyakan yang dipakai secara umum didunia, ada lagi tangga nada lain seperti contohnya tangga nada eksotis tapi sekarang kita tidak bahas nada tersebut. Contoh pengaplikasian tangga nada do re mi di dalam tab lature nada dasar C

------------------------------------------------------5---7---8-----------------  E
------------------------------------------5---6---8-----------------------------  B
-------------------------2---4---5---7------------------------------------------ G
------------2---3---5-----------------------------------------------------------  D
----3---5-----------------------------------------------------------------------  A
---------------------------------------------------------------------------------  E

----8---7---5-------------------------------------------------------------------  E
-----------------8---6---5------------------------------------------------------  B
------------------------------7---5---4---2------------------------------------- G
------------------------------------------------5---3---2----------------------- D
-------------------------------------------------------------5---3--------------- A
---------------------------------------------------------------------------------  E

Lakukan pemetikan nada doremi di atas secara berulang-ulang. Dimulai dengan kecepatan yang rendah, sedang sampai cepat. Demikian tips dari saya mengenai pengenalan tablature dan teknik-teknik dasar belajar gitar, semoga membantu anda terutama bagi anda yang sangat berminat untuk mendalami gitar. Selamat belajar!!

Catatan : jika belum lancar jangan langsung coba-coba memainkannya dengan tempo yang cepat pastikan semua nada terpetik dengan benar dan halus.

1 komentar:

  1. Merkur 34C - Xn - Xn-O80b910a26eepc81il5g.online
    Merkur 34C is a 메리트 카지노 주소 brand new razor that takes the stylish design of the Merkur 34C to another level by producing an outstanding performance with a

    BalasHapus